Peluang Usaha Online Mahasiswa

Kini perkembangan jaman semakin canggih. Beberapa aktivitas bisa dilakukan dengan online termasuk berbisnis. Mahasiswa yang tentu banyak membutuhkan biaya, bisa mencari peluang usaha berbisnis untuk menambah penghasilan selain dari orang tua. Berikut beberapa peluang usaha online untuk mahasiswa yang dapat dicoba.

1. Dropshipper                          

Menjadi dropshipper adalah peluang usaha online untuk mahasiswa yang paling diminati. Bisnis ini tidak perlu modal sepeserpun. Seorang dropshipper hanya perlu membantu menjualkan produk milik supplier tanpa perlu repot untuk menyiapkan pesanan, pengemasan serta pengiriman. Keuntungan didapat dari selisih harga dari supplier dengan harga yang akan ditawarkan ke pembeli.

2. Buzzers

Buzzers dapat diartikan membagikan postingan menarik untuk mendapatkan sejumlah fee. Mahasiswa bisa memanfaatkan peluang ini. Besarnya fee yang didapat tergantung dari seberapa aktif membagikan artikel dan berapa banyak postingan yang dapat dibagi ke pihak lain. Banyak mahasiswa yang bisa mendapat fee hingga sebesar 1 jutaan dari usaha ini.

3. Youtuber

Peluang usaha ini sangat cocok untuk mahasiswa karena tidak terlalu sulit untuk memulainya. Cukup dengan menghadirkan konten-konten menarik sesuai passion yang dimiliki. Misalnya seperti travelling, panduan kecantikan, dan lain sebagainya. Hasilkan banyak subscriber dan jumlah like dari pengunjung lalu dapatkan fee sebanyak-banyaknya.

4. Peluang Usaha Online sebagai Blogger

Blogger juga bisa menjadi peluang usaha online untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Ada beberapa cara untuk monetize blog misalnya pasang iklan atau menjual produk. Selain itu bisa juga daftar untuk mengikuti adsence dengan mengandalkan Pay-Per-Click (PPC).

Yang harus dilakukan setelah daftar adsense hanya membuat konten-konten menarik untuk diupload ke blog. Selanjutnya tarik banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung datang, makin besar juga peluang mereka click iklan adsense tersebut dan makin banyak pula fee yang akan diterima.

5. Jasa Desain Grafis Online

Peluang usaha ini sangat disarankan bagi mahasiswa yang menekuni jurusan desain grafis. Namun usaha ini diperlukan skill khusus seperti penguasaan software photoshop, corel draw dan lainnya. Jaman sekarang banyak industri kreatif yang memerlukan jasa pembuatan desain grafis untuk keperluan promosi, pembuatan desain kaos, undangan dan sebagainya.

Untuk memulainya, cukup iklankan karya-karya desain melalui media sosial atau website gratis. Beri beberapa karya sebagai pilihan agar banyak orang lebih tertarik.

6. Influencer

Salah satu media sosial instagram kini juga bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa. Industri endorsement telah membuat instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi foto saja namun juga media periklanan. Dalam hal ini yang perlu mahasiswa lakukan adalah menyajikan konten – konten menarik pada instagram.

Konten yang menarik tersebut akan berpotensi menarik banyak followers. Setelah banyak followers terkumpul, pasti makin besar peluang tawaran untuk jasa endorsement.

7. Menjual Skill Di Internet

Beberapa kemampuan diri seorang mahasiswa seperti menulis, terjemah bahasa, marketing dan lain-lain bisa ditawarkan melalui internet. Hal ini biasa disebut branding diri secara online. Bisa melalui media sosial atau blog. Promosikan diri dengan menunjukkan keahlian yang dimiliki dan menyertakan fortofolio agar terlihat lebih professional.

Misalnya jika berbakat di bidang desain grafis, sertakan karya-karya seperti design web atau desain kaos yang pernah dibuat lalu lampirkan pada profil media sosial. Keunggulan usaha ini adalah bisa dengan bebas menentukan tarif untuk jasa yang akan dikerjakan.

Baca Juga : Jodoh belum sampai? Sabar, mungkin Allah senang melihatmu dalam doa panjangmu

Itulah beberapa peluang usaha online untuk mahasiswa yang bisa dicoba. Semua bisa dipilih berdasarkan kemampuan dan passion agar dapat dikerjakan dengan optimal. Yang terpenting adalah bisa membagi waktu antara kuliah dan usaha yang dijalankan.