8  Sifat  Kriteria  Muslimah yang Harus Ada Pada Diri Anda

Sifat  Kriteria  Muslimah yang Harus Ada Pada Diri Anda

Wanita muslimah yang tangguh adalah mereka yang senantiasa teguh dengan ajaran dan syariat yang telah ditetapkan Allah SWT. Mempesona dengan gaun dan jilbab syar’i nya tanpa mengumbar aurat yang mengundang hawa syahwat bagi lawannya.

Jiwanya telah tertanam berbagai ilmu dan pengalaman akan kehidupan islaminya sudah semestinya ia akan menjadi mujahidah yang tak kenal lelah, hidupnya pun hanya Lillah semata. Lantas apa saja ciri-ciri lain yang membuat wanita itu termasuk Muslimah sejati nan Tangguh.

Berikut ulasannya simak dibawah ini :

1. Selalu Beriman Kepada Allah SWT.

Sebagai wanita muslim yang taat sudah sepantasnya ia beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dibalik keimanannya yang teguh ia juga harus selalu taat menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarangan-Nya. Meski alur kehidupan yang tak berjalan semanis ekspestasinya. Seorang sholehah harus senantiasa menjaga imannya di saat pahitnya ujian hidup datang, musibah tiba maupun ketika godaan menerpa. Iman harus tetap terjaga.

2. Tunduk dengan Aturan dan Ajaran Islam.

“Dan tidak sepatutnya bagi seorang laki-laki beriman dan tidak pula bagi perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu hukum, maka akan ada bagi mereka suatu pilihan yang lain atas urusan mereka. Barangsiapa mengingkari Allah dan RasulNya. Maka sungguh ia dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al-Ahzab : 36).

Maka dari itu sudah sepantasnya seorang muslimat juga tunduk dan patuh dengan syariat islam yang ditetapkan Al-Quran dan Al-Hadist. Di era modern ini banyak sekali wanita yang sering mengabaikan aturan yng berlaku di agama islam dengan dalih tidak bisa, tidak tau maupun faktor desakan. Justru akan menjadi pahala besar bila seorang wanita mengamalkan amalan yng sulit baginya semata untuk mencari ridho Nya.

3. Berakhlaq dan Berkarakter.

Mencontoh kepada para istri Nabi, mereka sungguh wanita yang mulia. Seorang muslimah yang berkarakter, tiada hari-harinya kecuali di-rahmati dan diridhoi Allah SWT. Mengapa karena mereka berakhlaq sesuai tuntunan agama dan senantiasa berkarakter sebagai seorang ibu untuk anak dan sebagai istri untuk suaminya. Mulai dari bertutur kata, berpakaian, bersosialisai dengan keluarga dan masyarakat. Mereka berhak untuk dicontoh.

4. Sabar dan Syukur.

Sabar dan syukur sungguh akan menjadi hiasan tersendiri bagi muslimah sejati. Dengan sebab kedua amalan itulah seorang hamba Allah menjadi seorang yang qonaah terhadap takdir Allah. Muslimah yang sabar dan syukur akan menjadi sosok mulia di depan manusia dan sungguh mulia di sisi Allah. Maka bersikap sabar dan syukurlah akan semua hidup yang telah dilalui, karena menuju keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala butuh perjuangan yang mulia pula.

Diantara ucapan syukur dengan tindakan yakni dilakukan dengan cara selalu mengucap asma Allah, berdoa setiap pagi dan petang dan senantiasa beribadah yaumiyah wajib dan sunnah.

5. Rajin Menuntut Ilmu.

“Menuntut ilmu wajib bagi muslim dan muslimat”. Sepenting apa sih ilmu? Sehingga diwajibkan bagi seluruh orang islam. Dalam bermuamalah dan beribadah membutuhkan ilmu, karena ibadah dan muamalah tidak akan berpahala tanpa didasari ilmu. “Mengetahui pengetahuan itu sebelum berbicara dan beramal”, begitulah inti sari dari sebuah hadist Rasulullah SAW.

Alasan lain kenapa wanita harus berilmu adalah seorang wanita kelak akan menjadi seorang ibu, oleh sebab itu ia berkewajiban mendidik anaknya dari usia dini. Lantas pendidikan awal dan utama adalah darinya, sungguh mulia dan bijaksana bila dipersiapkan sejak muda pula.

6. Taat dan Hormat kepada Suami juga Orang Tua.

Taat dan hormat kepada kedua orang tua juga merupakan kriteria muslimah sejati. Namun, berbeda halnya bila seorang muslimah yang telah berumah tangga, ketaatan pertama berlimpah kepada ketaatan suaminya kemudian barulah kepada orang tua. 

Rasa hormat kepada orang tua memang lebih mudah dilakukan seorang istri karena beranggapan bahwa orang tualah yang membesarkannya. Berbeda dengan ketaatan kepada suami terkadang butuh waktu lama dan kerja keras untuk istiqomah karena rasa kesetaraan umur dan kesetaraan kualitas kuantitas masih mengganggu hati. Namun, demikian itu pahal besar dari Allah bagi muslimah yang bisa taat dan hormat kepada suaminya..

7. Selalu Menjaga Kesucian dan Pandangan.

Tidak ada yang dapat mengalahkan wanita muslimah dalam menjaga kesuciannya. Karena mutiaranya hanya diperuntukan suaminya saja. Menjaga kesucian tidak hanya dari sahwat mata dan tubuh saja. Namun muslimah berkarakter harus menjaga perasaan pula.

Menjauhi hal-hal negatif berlebih yakni media sosial yang monoton dengan lelaki dan berkeseharan dengan campur baur banyak lelaki pula. Sebaiknya dijaga dengan cara mencari teman yang wanita pula agar dapat menjaga hati,mata, telinga dari perbuatan zina.

8. Gemar Berdakwah dan Bersedekah.

“Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat”. Begitu sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist.
Dakwah bukan hanya kewajiban bagi para lelaki saja, namun juga dibebankan untuk wanita muslimah pula. Berkenaan dengan masalah urgensi seperti masalah wanita itu sendiri, seorang laki-laki tidak dapat berdakwah melaluinya. 

Oleh karena itu muslimah juga wajib baginya berdakwah menyampaikan kepada orang yang belum mengetahui. Begitu juga bersedekah, mungkin sebagian ibu rumah tangga lebih sulit untuk bersedekah, karena dirasa uang kebutuhan harian di keluarga masih kurang. Tepis hal itu,karena dengan bersedekah bukan membuat seseorang miskin atau kekurangan harta. Justru Allah akan tambahkan baginya rizki dan berkah serta balasan pahala baginya pula.

Baca Juga : Hidup tidak selalu indah, langit tak selalu cerah

Sumber : damainesia.com